Buletin Hamdani Aboe Syuja’ Parenting

Awali Semuanya dengan Cinta

Salamuna.id – Awali Semuanya dengan Cinta Oleh: Hamdani Aboe syuja’

“Setiap gerak manusia (di muka bumi ini) disebabkan karena adanya cinta” begitu ungkapan singkat Ibnul Qayyim dalam kitab cintanya “raufhatul muhibbin”, taman orang-orang yang jatuh cinta. So sweet perkataan Ibnul Qayyim tersebut, maka tak aneh jika beliau dijuluki dengan dokter hati.

Kehilangan cinta akan menjadi sebuah masa dilema yang sangat berat bahkan hilang rasa untuk melanjutkan hidup kembali.

Banyak orang yang berusaha menafsirkan cinta, ini dan itu, sebenarnya cinta adalah kata tanpa makna. Karena apapun yang mereka katakan tentang cinta, itu tidak lain kecuali efek dari cinta tersebut. Katanya, cinta adalah sayang, cinta adalah perhatian, cinta adalah setia. Stop! Cukup, itu tidak meewakili sama sekali apa itu cinta. Karena cinta adalah kata tanpa batasan makna.

Baca Juga  Met Lebaran

Tidak sedikit pula yang membatasi makna cinta hanya pada kata antara pria dan wanita.Ini dogma yang sangat keliru sebenarnya.

Lihat, seorang ibu yang rela tidak tidur 24 jam untuk anaknya, karena cinta. Seorang ayah yang rela lembur 24 jam mencari nafkah untuk keluarganya, karena cinta. Seorang anak dengan semangat belajar di sekolah, karena ia cinta. Seorang guru yang sabar menghadapi muridnya yang super bandel, karena cinta. Seorang pemuda rela berlatih siang dan malam untuk sebuah talenta yang ia inginkan, karena cinta. Dan begitu banyak pemandangan dalam realita yang sebenarnya berawal dari satu kata “cinta”.Bahkan seorang yang makan pun, karena adanya cinta dalam dirinya.

Baca Juga  Manusia Paling Baik adalah Dokter

Artinya, manusia tidak akan pernah berhenti melakukan sesuatu selama hatinya masih menanam rasa cinta. Karena cinta adalah awal dari sebuah fajar dan akhir dari sebuah senja..

Saat cinta tenggelam dalam kegelapan senja, takut akan menghampirinya, dan saat itu pula harapannya hilang ditelan malam.

Sungguh nian bukan kepalang jika nasib tidak sesuai dengan harapan, ia pun berhenti bergerak, itulah bukti akan lemahnya iman sesorang.

Imam Syafii berkata;

Baca Juga  Di Jodohkan?

إِنَّ المُحِبَّ لِمَنْ يُحِبُّ مُطِيْعُ

“Sesungguhnya seseorang akan melakukan apapun terhadap orang yang di cintainya”…

Seperti seorang penulis saat mendapatkan cintanya, tulisan demi tulisannya pun akan mengalir begitu saja, bak sastrawan tingkat dewa kata orang, bahkan ia tidak menyadari sudah menggoreskan sekian ribu halaman hanya dalam beberapa hari saja. Itu semua karena cintanya..

So, obat terbaik saat seseorang sudah mulai putus asa, kecewa, kesal dan sedih, temukan kembali cintanya. Cinta dalam balutan suci yang akan terus menjadi daya tolak untuk kehidupan selanjutnya…

So, dont be forget to continue to you hope and love towards something…

____________________________

Banda Aceh, 10 April 2017

About the author

Salamuna.id

Salamuna.id adalah portal media bagi para Mahasiswa Muslim Indonesia yang sedang menempuh pendidikannya di berbagai negara.

1 Comment

Click here to post a comment